Penemu Wi-Fi Ternyata Seorang Wanita

Penemu Wi-Fi Ternyata Seorang Wanita

Ya, bagi kebanyakan orang, cellphone dan WiFi seperti kebutuhan sehari-hari yang sulit untuk ditinggalkan.

Namun tidak bisa dipungkiri keberadaan WiFi memegang peranan yang sangat penting dalam aktivitas manusia saat ini. Kegiatan kerja, belajar mengajar, untuk mengisi waktu luang, semuanya banyak memanfaatkan fasilitas WiFi.

Penemu Wi-Fi Ternyata Seorang Wanita

Definisi WiFi

WiFi sendiri merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan slot terbaru gelombang radio untuk menyediakan akses net nirkabel dengan kecepatan tinggi. Gelombang radio yang digunakan berada pada rentang 2,four GHz hingga 5wireless GHz, yang memungkinkan perangkat seperti komputer (laptop dan computing device), perangkat seluler (cellphone dan wearable), serta peralatan lainnya (printer dan kamera video) untuk berinteraksi. dengan internet. Hal ini memungkinkan perangkat ini untuk bertukar informasi satu sama lain, sehingga menciptakan jaringan.

Sejarah Penemu Wireless: Hedy Lamarr

Hedy Lamarr lahir pada 9 November 1914. Ia lebih dikenal sebagai artis Hollywood populer yang menjadi terkenal saat ia bermain dalam wireless berjudul Ecstasy. Ternyata selain memiliki paras yang cantik, wanita kelahiran Wina Austria ini juga dianggap memiliki otak yang sangat jenius. Hal ini terbukti pada tahun 1942, dimana Hedy Lamarr berhasil mematenkan sebuah produk bernama sistem komunikasi rahasia yang menggunakan frekuensi radio untuk bertukar facts.

1. Aktris Amerika kelahiran Austria

Lahir dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler pada nine November 1914, di Wina, Austria. Pada usia 17 tahun, Hedy membintangi wireless pertamanya.

2. Disebut “wanita tercantik di wireless”

Sering disebut sebagai wanita tercantik dalam wi-fi, kecantikan Hedy Lamarr di layar lebar membuatnya menjadi salah satu aktris terpopuler pada masanya.

3. Ilmuwan yang menemukan cikal bakal WiFi

Selain sebagai aktris, Hedy Lamarr juga dikenal sebagai ilmuwan. Dia ikut menemukan teknik awal untuk komunikasi spektrum tersebar, kunci dari sebagian besar komunikasi nirkabel saat ini yang kemudian berkembang menjadi apa yang kita kenal sebagai WiFi.

4. Memperoleh Paten Terkait Penemuan Wiwi-fi

Setelah dua tahun penemuan wi-fi, Hedy Lamarr mendapatkan hak patennya sebagai penemu teknologi wireless. Kemudian pada tahun 1997, Hedy Lamarr mendapatkan penghargaan dari electronic Frontier basis, kemudian tiga tahun kemudian pada tanggal 19 Januari 2000, Hedy Lamarr meninggal dunia.

Lamarr dilantik ke dalam hall of fame Penemu Nasional untuk pengembangan teknologi frekuensi hopping pada tahun 2014. Prestasi tersebut telah menyebabkan Lamarr dijuluki “ibu dari wi-fi” dan komunikasi nirkabel lainnya seperti GPS dan Bluetooth.